Bobblehead Bunny

Jumat, 06 Januari 2012

06. PEMASARAN


1.       Pengertian Pasar dan Pemasaran
Pengertian pasar secara sempit adalah suatu tempat pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transasksi jual beli dan jasa. Secara luas, pasar merupakan tempat bertemunya penjual yang mempunyai kemampuan untuk menjual barang/jasa dan pembeli yang melakukan uang untuk membli barang dengan harga tertentu.
Secara umum pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

2.       Jenis-jenis Pasar
Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya.
Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak nyata (abstrak).  Maka kita lihat penjabaran berikut ini:
·      Pasar Nyata
Pasar nyata adalah pasar diman barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.
·      Pasar Abstrak
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
Jenis pasar menurut cara transaksinya.
Menurut cara transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.
·      Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
·      Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.
Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya.
Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging serta pasar loak.
Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi.
Menurut keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
-          Pasar Lokal
-          Pasar Daerah
-          Pasar Nasional
-          Pasar Internasional

3.       Konsep-konsep Inti Pemasaran
Konsep-konsep inti pemasaran meluputi : kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan.
Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.

4.       Manajemen Pemasaran
a)      Keadaan Permintaan dan Tugas Pasar
Ada 8 (delapan) keadaan permintaan yang berbeda-beda dan ada tugas tertentu yg harus dilakukan oleh manajemen pemasaran.
1)      Permintaan negative (negatif demand). 
Pasar tidak menyukai produk bahkan berupaya menghindarinya. (vaksinasi, cabut gigi, operasi). Tugas pemasaran adalah menganalisis mengapa pasar tidak       Tidak menyukai.
2)      Tidak ada permintaan (no demand).
Konsumen merasa tidak tertarik kepada produk yang ditawarkan karena tidak mempunyai kepentingan terhadap manfaatnya. Contoh mahasiswa tidak menyukai  bahasa asing.Tugas pemasaran menemukan cara untuk menghubungkan manfaat produk dengan kebutuhan dan minat pasar. 
3)      Permintaan terpendam (latent demand). 
Konsumen mempunyai hasrat kuat terhadap sesuatu yg tidak dapat dipuaskan oleh suatu produk yg ada. Contoh rokok yg tidak membahayakan kesehatan. Tugas pemasaran mengukur besarnya pasar potensial dan mengembangkan barang yang akan memuaskan permintaan terhadap produk tersebut.
4)      Permintaan yang menurun (falling demand).
Cepat atau lambat permintaan pasti mengalamiya. Pemasaran harus menganalisisnya sebab-sebab terjadinya, dengan menciptakan pasar baru, mengubah ciri produk, mengembangakan komunikasi yang efektif. Tugas pemasaran meningkatkan permintaan yg menurun melalui pemasaran kembali produk bersangkutan dengan cara yg kreatif.
5)      Permintaan yang tidak teratur (irregular demand).
Perusahaan sering dihadapi dengan permintaan yg berubah-ubah menurut musin, hari, jam sehingga penggunaan kapasitas menjadi berkurang, menganggur atau berlebihan.Tugas pemasaran menemukan cara untuk mengubah pola waktu permintaan melalui  penentuan harga yang fleksibel, promosi dan rangsangan lainnya.
6)      Permintaan penuh (full demand ).
Permintaan penuh bila organisasi itu puas terhadap volume usaha telah dicapainya terutam jumlah permintaan yang diharapkan.Tugas pemasaran harus mempertahankan tingkat  permintaan.
7)      Permintaan yang berlebihan (overfull demand).
Permintaan sering mengalami lebih tinggi daripada yg ingin dilayani. Tugas pemasaran melakukan demarketing yaitu menentukan cara mengurangi sementara  permintaan seperti menaikan harga, mengurangi promosi atau aktivitas pelayanan.
8)      Permintaan yang tidak sehat (unwholesome demand).
Produk yg tidak sehat sering memunculkan upaya yg terorganisasi untuk mengurangi atau mencegah penggunaannya.Tugas pemasaran mengajak orang-orang mengurangi atau meninggalkan produk ini dengan cara menaikan harga memberi ancaman, menguarangi ketersediaan produk tsb.

5.       Bauran Pemasaran
§   Kegiatan pemasaran yang terpadu dan saling menunjang satu sama yang lain.
§   Marketing mix, sering disebut sebagai konsep 4 P, yaitu :
a)      Produk (product) : barang dan jasa yang dapat ditawarkan di pasar.
b)  Harga (price) : sejumlah kompensasi (uang) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi barang dan jasa.
c)     Saluran distribusi (place) : saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan produk sampai ke komsumen.
d)   Promosi (promotion) : suatu kegiatan untuk mendorong konsumen membeli produk yang ditawarkan.

6.       Tujuan Sistem Pemasaran
-          Memaksimalkan konsumsi
-          Memaksimalkan kepuasan konsumen
-          Memaksimalkan pilihan
-          Memaksimalkan kualitas hidup.

7.       Pendekatan dalam Mempelajari Pemasaran
              pemasaran tujuan sistem pemasaran, memaksimumkan mutu hidup termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang mutu lingkungan fisik dan mutu lingkungan kultur pendekatan dalam mempelajari pemasaran, pendekatan serba fungsi dari apa saja kegiatan pokok pemasaran yaitu : pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan grading pengumpulan informasi pasar pendeketan serba lembag. dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen, suplier, perantara dagang. dll. pemasaran pendekatan dalam mempelajari pemasaran, pendekatan serba sistem menyangkut elemen - elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk dan lembaga.


Referensi            :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar