Bobblehead Bunny

Minggu, 01 Januari 2012

01. RUANG LINGKUP BISNIS

1.       Pengertian Bisnis dan Jenisnya
                              
Bisnis adalah kegiatan usaha perdagangan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.
Ada berbagai macam-macam bisnis yang ada di saat ini. Dan berikut ini macam-macam bisnis yang ada saat ini adalah:
1.       Bisnis internet : bisnis yang menghasilkan dan menjual barang atau berupa jasa guna mendapatkan keuntungan melalui internet. Berikut jenis bisnis melalui internet  :
·         Online store
2.        isnis  waralaba : suatu usaha atau bisnis yang di miliki seseorang dan di berikan kepada pihak lain dengan  suatu merk dagang tersebut kepada orang lain dengan menggunakan suatu persyaratan dan perjanjian sebagai dasar untuk menjalankan bisnis tersebut.
·         Franchise KFC
3.       Bisnis jasa : suatu usaha atau bisnis yang berupa pelayanan dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminya bayaran atas jasa yang telah di berikan
·         Jasa konsultan
·         Jasa pembuatam SIM atau STNK
4.        Bisnis  perbankan : bisnis yang berkaitan dengan bidang  keuangan
·         Simpan pinjam
·         Pinjaman ( kredit )
5.       Bisnis  rumahan : bisnis yang menghasilkan dan menjual  barang atau jasa dalam skala yang kecil yang biasa nya dilakukan di rumah
6.       Bisnis manufaktur : bisnis yang memproduksi suatu produk yang berasal dari barang mentah yang kemudian di jual untuk mendapatkan keuntungan
·         Penjualan mobil  , dll

7.       Bisnis utilitas : bisnis yang berkaitan dengan kepentingan publik yang biasanya dibiayai dengan pemerintah
·         Listrik dan air
8.       Bisnis pertanian dan pertambangan : bisnis yang memproduksi barang mentah
·         Tanaman ( sayuran,padi,buah,dll )
·         Batubara ,minyak bumi ,dll
9.       Bisnis transportasi : bisnis yang mendapatkkan keuntungan nya dengan cara mengantarkan barang atau individu dari suatu tempat ke tempat lain
·         Jasa travel
10.   Bisnis ritel / eceran : suatu bisnis yang meliputi penjualan barang secara langsung ke konsumen
·         Supermarket
·         Toko kelontong
11.   Bisnis grosir : bisnis yang menjual kembali barang kepada pengecer , pengguna industri dalam jumlah yang besar
·         Pakaian
·         Makanan
12.   Bisnis hiburan : bisnis yang bergerak dalam bidang hiburan dan bersifat  untuk menghibur
·         Tempat karoeke
·         Sirkus
13.   Bisnis real estate : bisnis yang menghasilkan kenuntungan dari menjual,menyewakan dan mengembangkan pembangunan properti
14.   Bisnis MLM : suatu bisnis usaha yang menggunakan sistem penjualan dimana tenaga/agen penjual menerima komisi dari penjualan nya dan dapat merekrut seseorang yang sebelumnya terlebih dahulu membeli produk tersebut
·         CNI
·         Tianshi
Salah satu contoh yang bebau bisnis dan menjadi marak saat ini
MLM untuk saat ini sudah sangat merajalela karena MLM ini sesuatu yang berbau bisnis yang dapat mendapatkan keuntungan. MLM ( Multi Level Markerting ) merupakan suatu usaha atau bisnis dengan menggunakan strategi pemasaran dimana keuntungan tidak hanya untuk  penjualan secara pribadi tetapi juga untuk merekrut orang lain untuk bergabung dalam usaha ini. Komisi yang dibagikkan sesuai dengan banyak nya produk yang dijual melalui upaya mereka sendiri ,biasanya mereka menawarkan dagangan nya dengan cara menawarkan dari satu tempat ke tempat lain. MLM ini merupakan suatu jalur alternatif perusahaan untuk mendistribusikan produknya. MLM pada umumnya merekrut banyak orang untuk memasarkan produknya. Produk yang ditawarkan pada MLM ini banyak sekali macam nya dari makanan, obat kesehatan , minuman , dll. MLM ini biasanya dilakukan dengan berkelompok. Contoh usaha MLM seperti CNI,  tianshi, oriflame , ifa , dll. Dalam bisnis MLM ini para agen bisa mendapatkan reward jika telah mencapai penjualan dan pada level tingkat tertentu yang telah ditetapkan.
Keuntungan dari bisnis MLM ini boleh dikatakan bagus namun dalam menjalankan bisnis seperti ini harus bekerja keras dan aktif untuk menawarkan produk nya bukan hanya dengan berdiam diri. Tentu nya kita sudah mengenal bisnis MLM yang terkenal dan sukses sampai sekarang yaitu CNI, CNI ini sudah banyak merekrut banyak agen. Agen – agen inilah yang membuat bisnis MLM ini berjalan.
Bila ingin membuka atau megikuti bisnis MLM ini sebaiknya dilihat terlebih dahulu sistem kerja pada MLM tersebut agar kita tidak dirugikan. Sebaiknya pilihlah MLM yang telah terpercaya. Dalam bisnis MLM ini diperlukan keahlian untuk menawarkan suatu barang kepada seseorang dengan baik.
Salah satu contoh jenis bisnis lainnya yaitu bisnis affiliasi. Apa itu bisnis affiliasi? Bisnis affiliasi adalah kita mempromosikan produk milik orang lain, dan apabila terjadi transaksi sesuai dengan aturan yang disepakati, maka kita akan mendapat komisi.
Pada awalnya, bisnis affiliasi memang terbatas pada kegiatan mempromosikan barang dagangan milik orang lain, dan apabila ada orang yang membeli melalui referensi kita, maka kita akan mendapatkan ‘tips’ dari transaksi yang terjadi.
Namun dengan pesatnya perkembangan bisnis internet, maka bisnis affiliasi turut berevolusi sehingga tidak lagi terbatas pada proses menjual saja. Salah satu contoh bisnis affiliasi diantaranya:
1)      Pay Per Sales (PPS)
Pay Per Sales adalah jenis bisnis affiliasi tradisional dimana seorang affiliate akan mendapat komisi setiap kali produk atau layanan milik penyedia jasa affiliate terjual. Contohnya Amazon Associates, Clickbank, dan PayDotCom.
2)      Pay Per Action (PPA)
Pay Per Action adalah jenis bisnis affiliasi dimana seorang affiliate akan mendapat komisi setiap kali ia berhasil mereferensikan orang lain untuk melakukan suatu kegiatan sesuai dengan yang disyaratkan oleh penyedia program affiliasi.
Kegiatan disini biasanya bersifat spesifik dan memiliki parameter-parameter tertentu yang harus dipenuhi. Misalnya mengisi survey, mengunduh software, dan sebagainya. Contoh program affiliasi jenis ini adalah CPALead.
  

2.       Tujuan Bisnis
                       
Tujuan bisnis merupakan hasil akhir yang ingin dicapai oleh para pelaku bisnis dari bisnis yang mereka lakukan dan merupakan cerminan dari berbagai hasil yang diharapkan bisa dilakukan oleh bagian-bagian organisasi perusahaan (produksi, pemasaran, personalia, dll) yang akan menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang.
Secara umum  tujuan dari bisnis adalah menyediakan produk berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta memperoleh keuntungan dari aktivitas yang dilakukan.
Dalam jangka panjang, tujuan yang ingin dicapai tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen, namun terdapat banyak hal yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam bisnisnya, diantaranya:
1.       Market standing, yaitu penguasan pasar yang akan menjadi jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan dan profit dalam jangka panjang.
2.       Innovation yaitu inovasi dalam produk (barang atau jasa) serta inovasi keahlian. Tujuan bisnis yang ingin dicapai melalui inovasi adalah menciptakan nilai tamabah pada suatu produk, misalnya shampoo 2 in 1.
3.        Physical and financial resources, perusahaan memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber daya fisik dan keuangan untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar dan semakin menguntungkan.
4.       Manager performance and development, manager merupakan orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi. Untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik, manager perlu memiliki berbagai kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan profesinya. Maka diperlukan peningkatan kinerja dan pengembangan kemampuan manager melalui serangkaian kegiatan kompensasi yang menarik dan program training and development yang berkelanjutan.
5.       Worker Performance and Attitude, untuk kepentingan jangka panjang, maka sikap para karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.
6.       Public Responsibility, bisnis harus memiliki tanggung jawab sosial seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi dan menciptakan lapangan kerja, dll.

3.       Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar
a.       Sistem Perekonomian
Sistem perekonomian adalah cara suatu bangsa atau negara untuk mengatur kehidupan ekonominya agar tercapai kemakmuran dan kesejahteraan bagi rakyatnya.
Berikut adalah macam-macam sistem ekonomi, sebagai berikut:





1.       Sistem Ekonomi Tradisional
Sistem ekonomi merupakan sistem ekonomi yang diterapkan oleh masyarakat tradisional secara turun temurun dengan hanya mengandalkan alam dan tenaga kerja. Ciri dari sistem ekonomi tradisional, antara lain:
·  Teknik produksi dipelajari secara turun temurun dan bersifat sederhana 
·  Hanya sedikit menggunakan modal
Pertukaran dilakukan dengan sistem barter (barang dengan barang) 
·  Belum mengenal pembagian kerja 
·  Masih terikat tradisi Tanah sebagai tumpuan kegiatan produksi dan sumber kemakmuran .
2.       Sistem Ekonomi Liberal atau bebas
Merupakan suatu sistem ekonomi dimana seluruh kegiatan ekonomi mulai dari produksi, distribusi dan konsumsi diserahkan sepenuhnya kepada mekanisme pasar. Sistem ini sesuai dengan ajaran dari Adam Smith, dalam bukunya An Inquiry Into the Nature and Causes of the Wealth of Nations. Ciri dari sistem ekonomi liberal, yaitu:
1.       Setiap orang bebas memiliki barang, termasuk barang modal
2.       Setiap orang bebas menggunakan barang dan jasa yang dimilikinya
3.       Aktivitas ekonomi ditujukan untuk memperoleh laba
4.       Semua aktivitas ekonomi dilaksanakan oleh masyarakat (Swasta)
5.       Pemerintah tidak melakukan intervensi dalam pasar
6.       Persaingan dilakukan secara bebas
7.       Peranan modal sangat vita
3.       Sistem Ekonomi Komando (Terpusat)
Sistem ekonomi komando adalah sistem ekonomi dimana peran pemerintah sangat dominan dan berpengaruh dalam mengendalikan perekonomian. Pada sistem ini pemerintah menentukan barang dan jasa apa yang akan diproduksi, dengan cara atau metode bagaimana barang tersebut diproduksi, serta untuk siapa barang tersebut diproduksi. Adapun cirinya adalah sebegai berikut:
1.       Semua alat dan sumber-sumber daya dikuasai pemerintah
2.       Hak milik perorangan tidak diakui
3.       Tidak ada individu atau kelompok yang dapat berusaha dengan bebas dalam kegiatan perekonomian Kebijakan perekonomian diatur sepenuhnya oleh pemerintah

4.       Sistem Ekonomi Campuran
Gabungan dari sistem perekonomian Liberal dan sosialis. Ciri-ciri:
·         Pemerinta dan swasta bersama dalam  melakukan  kegiatan ekonomi.
·         Negara menguasahi sektor usaha vital dan mengendalikan perekonomian
·         Wastw/perorangan diberi kebebasan untuk berusaha diluar sektor vital.
·         Pemerinta berperan membina dan mengawasi swasta.
·         Hak milik perorangan diakuidan penggunaannya tidak boleh bertentangan dengan kepentingan umum. Misalnya negara Afrika, Amerika, Latin, dan Asia.
b.      Sistem Pasar
Perekonomian pasar bergantung pada kapitalisme dan liberalisme untuk menciptakan sebuah lingkungan di mana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan (dalam batas-batas tertentu). Sebagai akibatnya, barang yang diproduksi dan harga yang berlaku ditentukan oleh mekanisme penawaran-permintaan.
a)      Permintaan
Permintaan : menunjukkan jumlah produk yang diinginkan dan mampu dibeli konsumen pada berbagai kemungkinan harga selama jangka waktu tertentu, dan hal lain diasumsikan tetap.
Hukum permintaan : jumlah produk yang diminta dalam suatu periode waktu tertentu akan berubah berlawanan dengan harganya, jika hal lain diasumikan tetap.
Kurva permintaan : kurva yang menunjukkan jumlah produk tertentu yang diminta pada berbagai kemungkinan tingkat harga selama periode waktu tertentu, hal lain dianggap konstan.


Perubahan permintaan, variable yang dapat mempengaruhi perubahan permintaan:
v  pendapatan konsumen
v  harga produk yang berkaitan
v  ekspektasi konsumen
v  jumlah dan komposisi konsumen di pasar
v  selera konsumen
Jenis produk:
ü  barang normal : barang yang akan mengalami kenaikkan permintaan bila pendapatan konsumen naik.
ü  Barang inferior : barang yang akan mengalami penurunan permintaan bila pendapatan konsumen naik.
ü  Barang substitusi : barang yang akan mengalami kenaikkan permintaan bila harga barang yang lain naik.
ü  Barang komplemen : barang yang akan mengalami penurunan permintaan bila harga barang yang lain naik.
b)      Penawaran
Penawaran : hubungan antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan.
Hukum penawaran : bahwa jumlah yang ditawarkan biasanya berhubungan langsung dengan harganya, hal lain diasumsikan tetap.
Kurva penawaran : kurva yang menunjukkan jumlah produk tertentu yang dijual pada berbagai kemungkinan tingkat harga selama periode waktu tertentu, hal lain diaanggap konstan.
Perubahan penawaran, faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran:
ü  Tingkat teknologi
ü  Harga sumber daya yang relevan
ü  Harga barang alternatif
ü  Ekspektasi produsen
ü  Jumlah produsen di pasar
c)       Harga Disekuilibrium
Disekuilibrium : biasanya bersifat sementara saja pada saat pasar sedang menuju ekuilibrium.
Floor price : batas harga minimum yang sah atas penjualan suatu barang. Agar efektif floor price ditetapkan di atas harga ekuilibrium.
Ceiling price : batas harga maksimal yang sah atas penjualan suatu barang. Agar ceiling price ditetapkan di bawah harga ekuilibrium.
4.       Kesempatan Bisnis / Usaha
Dalam dunia bisnis, setiap peluang dan kesempatan yang bias di manfaatkan dengan baik akan menghasilkan sebuah keuntungan. Tidak hanya dari segi financial namun juga dari konektivitas yang terjalin dengan rekan bisnis. Namun untuk menciptakan peluang bisnis dibutuhkan keinginan yang kuat, serta kreativitas yang tinggi untuk kelangsungan bisnis yang akan digeluti.

5.       Unsur-unsur Penting dalam Aktivitas Ekonomi
·         Keinginan Manusia
Keinginan Manusia merupakan unsur terpenting dalam aktivitas ekonomi karena manusia memiliki keinginan yang membuat mereka dapat berpikir keras untuk memenuhi keinginannya tersebut. Seperti keinginan untuk berhasil di bidang bisnis. Manusia akan mencari cara agar pruduk yang mereka ciptakan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.
·         Sumber Daya
Sumber daya merupakan hal terpenting ke dua dalam aktivitas ekonomi. Karena sumber daya juga merupakan kunci dalam memperoleh kesuksesan dalam bidang ekonomi. Contohnya saja seorang yang ingin memulai usaha warnet namun, ia tidak mengerti tentang jaringan internet atau-pun komputer itu sendiri. Maka itu bias menyebabkan ketidak nyamanan para pelanggannya ketika terjadi gangguan. Maka seharusnya pemilik harus memiliki sumber daya manusia yang cukup.
·         Cara-cara berproduksi ( Tehniques Of Production)
Cara pembuatan barang pada umumnya berada di luar bidang ekonomi, tetapi persoalan barang-barang dan atau jasa-jasa apa yang harus di produksi, berapa banyak barang atau jasa yang harus diproduksi dan cara-cara mana yang di gunakan untuk memproduksi barang dan jasa tersebut sehingga mencapai pembiayaan yang minimal dan hal tersebut adalah termasuk bidang ekonomi dan merupakan pesoalan-persoalan yang harus diperhatikan oleh ahli-ahli ekonomi.
6.       Hakikat Bisnis
Hakikat Bisnis Adalah Kebutuhan Manusia yang berupa barang dan jasa yang harus terpenuhi kebutuhannya dengan usaha mendapatkan alat pembayarannya yaitu uang atau tukar-menukar barang (barter) yang saling menguntungkan antar kedua belah pihak.

7.       Mengapa Belajar Bisnis?
Bisnis merupakan salah satu bidang yang luas dan memiliki kompensasi yang tinggi. Belajar bisnis juga menggairahkan, lingkungan yang kompetitif, tantangan pemasaran dan penjualan barang atau jasa, kemampuan menangani proyek, negosiasi, dan menghasilkan penjualan.
Dengan belajar bisnis, kita memiliki peluang sukses yang besar  dan memiliki pilihan karir atau profesi yang menjamin kebutuhan hidup yang berpengaruh kuat dalam kehidupan sehari-hari.
Referensi :
http://melaniapuspa.blogspot.com/2010/10/tujuan-bisnis-keuntungan-pertumbuhan.html

1 komentar:

  1. saya mau nanya macam"aktivitas bisnis dengan informasi dan tujuan nya dong 5 aja,,bls lewat fb saya di widatantu.wida.37 makasih

    BalasHapus