Bobblehead Bunny

Selasa, 03 April 2012

PROFIL ERK BAND (EFEK RUMAH KACA)



Hayooo siapa sih yang ga kenal sama Band ini? Band Indie yang berasal dari Jakarta dan karyanya jangan ditanya lagi deh, asik bangeet pokoknya YAAP ini dia EFEK RUMAH KACA. Band yang digawangi Cholil Mahmud (vokal/gitar), Adrian Yunan Faisal (bass) dan Akbar Bagus Sudibyo (drum).
Band ini tuh keren banjeet yah hehe, lirik-lirik lagunya yang mantep banget  beda dari band lainnya, bikin greget, ga bikin galau, sedih, termehek-mehek dan lainnya, tapi lirik lagu yang nendang, nyelekit, dan pedes sama sindiran-sindiran halusnya, banyak menyentuh dan memotret keadaan sosial masyarakat juga.
Efek Rumah Kaca atau sering disebut ERK ini terbentuk dari tahun 2001, ERK sempat mengalami beberapa kali perubahan personel juga lhoo, akhirnya mereka memantapkan diri dengan formasi band tiga orang. Sebelumnya, band ini bernama Hush. Nama ini kemudian diganti menjadi Superego, lalu berubah lagi pada tahun 2005 menjadi Efek Rumah Kaca yang diambil dari salah satu judul lagu pada album perdana mereka.
Ngakunya sih ERK ini bergenre pop, tapi banyak yang menilai band ini bergenre rock, alternative rock, dan post rock. Bahkan ada yang beranggapan bergenre shoegaze nih.
Walaupun udah memasuki tahap rekaman sejak 2004, baru di tahun 2007 ini ERK memutuskan merilis album di bawah bendera Paviliun Records yang sebelumnya telah merilis album Dear Nancy, D’Zeek dan The Safari.

Dalam album yang berjudul sama dengan nama band mereka (self-titled), yaitu Efek Rumah Kaca, mereka mengikutsertakan 12 lagu yang telah mereka tulis sejak tahun 1998. Di tahun 2008, mereka merilis album keduanya yang diberi judul Kamar Gelap yang tetap pedas menggigit dari segi penulisan liriknya.
Efek Rumah Kaca juga pernah menjadi nominator AMI Award 2008 dan juga meraih predikat Rookie of the Year 2008 oleh Rolling Stone Indonesia serta peraih MTV Music Award 2008, kategori The Best Cutting Edge.

Referensi            :           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar